Vatikan Pewaris Tunggal Tahta Kekaisaran Romawi | Daniel 2 – Mimpi Nebukadnezar

Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat (Kekaisaran kafir Romawi), yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya. – (Daniel 2:40)

Vatikan pewaris tunggal Kekaisaran kafir Romawi | Daniel 2. Mimpi Nebukadnezar. Shalom, begini penjelasannya.

Alkitab mempunyai sifat antara lain:

[1] Tidak ada konsep Denominasi.

[2] Tidak ada konsep Mayoritas dan Minoritas.

[3] Tidak menghibur dengan kebohongan.

[4] Mengajarkan kebenaran dan kebenaran itu kadang membuat dilema (yang berat) yang harus diselesaikan secepatnya.

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? – (Galatia 4:16)

Daniel 2 – Mimpi Nebukadnezar

Daniel 2
1 Pada tahun yang kedua pemerintahan Nebukadnezar bermimpilah Nebukadnezar; karena itu hatinya gelisah dan ia tidak dapat tidur.
2 Lalu raja menyuruh memanggil orang-orang berilmu, ahli jampi, ahli sihir dan para Kasdim, untuk menerangkan kepadanya tentang mimpinya itu; maka datanglah mereka dan berdiri di hadapan raja.
3 Kata raja kepada mereka: “Aku bermimpi, dan hatiku gelisah, karena ingin mengetahui mimpi itu.”
4 Lalu berkatalah para Kasdim itu kepada raja (dalam bahasa Aram): “Ya raja, kekallah hidupmu! Ceriterakanlah kepada hamba-hambamu mimpi itu, maka kami akan memberitahukan maknanya.”
5 Tetapi raja menjawab para Kasdim itu: “Aku telah mengambil keputusan, yakni jika kamu tidak memberitahukan kepadaku mimpi itu dengan maknanya, maka kamu akan dipenggal-penggal dan rumah-rumahmu akan dirobohkan menjadi timbunan puing;
6 tetapi jika kamu dapat memberitahukan mimpi itu dengan maknanya, maka kamu akan menerima hadiah, pemberian-pemberian dan kehormatan yang besar dari padaku. Oleh sebab itu beritahukanlah kepadaku mimpi itu dengan maknanya!”
7 Mereka menjawab pula: “Silakan tuanku raja menceriterakan mimpi itu kepada hamba-hambanya ini, maka kami akan memberitahukan maknanya.”
8 Jawab raja: “Aku tahu benar-benar, bahwa kamu mencoba mengulur-ulur waktu, karena kamu melihat, bahwa aku telah mengambil keputusan,
9 yakni jika kamu tidak dapat memberitahukan kepadaku mimpi itu, maka kamu akan kena hukuman yang sama; dan aku tahu bahwa kamu telah bermufakat untuk mengatakan kepadaku hal-hal yang bohong dan busuk, sampai keadaan berubah. Oleh sebab itu ceriterakanlah kepadaku mimpi itu, supaya aku tahu, bahwa kamu dapat memberitahukan maknanya juga kepadaku.”
10 Para Kasdim itu menjawab raja: “Tidak ada seorangpun di muka bumi yang dapat memberitahukan apa yang diminta tuanku raja! Dan tidak pernah seorang raja, bagaimanapun agungnya dan besar kuasanya, telah meminta hal sedemikian dari seorang berilmu atau seorang ahli jampi atau seorang Kasdim.
11 Apa yang diminta tuanku raja adalah terlalu berat, dan tidak ada seorangpun yang dapat memberitahukannya kepada tuanku raja, selain dari dewa-dewa yang tidak berdiam di antara manusia.”
12 Maka raja menjadi sangat geram dan murka karena hal itu, lalu dititahkannyalah untuk melenyapkan semua orang bijaksana di Babel.
13 Ketika titah dikeluarkan supaya orang-orang bijaksana dibunuh, maka Daniel dan teman-temannyapun terancam akan dibunuh.
14 Lalu berkatalah Daniel dengan cerdik dan bijaksana kepada Ariokh, pemimpin pengawal raja yang telah pergi untuk membunuh orang-orang bijaksana di Babel itu,
15 katanya kepada Ariokh, pembesar raja itu: “Mengapa titah yang begitu keras ini dikeluarkan oleh raja?” Lalu Ariokh memberitahukan hal itu kepada Daniel.
16 Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja.
17 Kemudian pulanglah Daniel dan memberitahukan hal itu kepada Hananya, Misael dan Azarya, teman-temannya,
18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.
19 Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.
20 Berkatalah Daniel: “Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!
21 Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;
22 Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.
23 Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu: Engkau telah memberitahukan kepada kami hal yang dipersoalkan raja.”
24 Sebab itu pergilah Daniel kepada Ariokh yang telah ditugaskan raja untuk melenyapkan orang-orang bijaksana di Babel; maka pergilah ia serta berkata kepadanya, demikian: “Orang-orang bijaksana di Babel itu jangan kaulenyapkan! Bawalah aku menghadap raja, maka aku akan memberitahukan kepada raja makna itu!”
25 Ariokh segera membawa Daniel menghadap raja serta berkata kepada raja demikian: “Aku telah mendapat seorang dari antara orang-orang buangan dari Yehuda, yang dapat memberitahukan makna itu kepada raja.”
26 Bertanyalah raja kepada Daniel yang namanya Beltsazar: “Sanggupkah engkau memberitahukan kepadaku mimpi yang telah kulihat itu dengan maknanya juga?”
27 Daniel menjawab, katanya kepada raja: “Rahasia, yang ditanyakan tuanku raja, tidaklah dapat diberitahukan kepada raja oleh orang bijaksana, ahli jampi, orang berilmu atau ahli nujum.
28 Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia; Ia telah memberitahukan kepada tuanku raja Nebukadnezar apa yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang. Mimpi dan penglihatan-penglihatan yang tuanku lihat di tempat tidur ialah ini:
29 Sedang tuanku ada di tempat tidur, ya tuanku raja, timbul pada tuanku pikiran-pikiran tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari, dan Dia yang menyingkapkan rahasia-rahasia telah memberitahukan kepada tuanku apa yang akan terjadi.
30 Adapun aku, kepadaku telah disingkapkan rahasia itu, bukan karena hikmat yang mungkin ada padaku melebihi hikmat semua orang yang hidup, tetapi supaya maknanya diberitahukan kepada tuanku raja, dan supaya tuanku mengenal pikiran-pikiran tuanku.
31 Ya raja, tuanku melihat suatu penglihatan, yakni sebuah patung yang amat besar! Patung ini tinggi, berkilau-kilauan luar biasa, tegak di hadapan tuanku, dan tampak mendahsyatkan.
32 Adapun patung itu, kepalanya dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga,
33 sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat.
34 Sementara tuanku melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tangan manusia, lalu menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk.
35 Maka dengan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.
36 Itulah mimpi tuanku, dan sekarang maknanya akan kami katakan kepada tuanku raja:
37 Ya tuanku raja, raja segala raja, yang kepadanya oleh Allah semesta langit telah diberikan kerajaan, kekuasaan, kekuatan dan kemuliaan,
38 dan yang ke dalam tangannya telah diserahkan-Nya anak-anak manusia, di manapun mereka berada, binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, dan yang dibuat-Nya menjadi kuasa atas semuanya itu–tuankulah kepala yang dari emas itu.
39 Tetapi sesudah tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi.
40 Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya.
41 Dan seperti tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi; memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang tuanku lihat besi itu bercampur dengan tanah liat.
42 Tetapi sebagaimana jari-jari kaki itu sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat, demikianlah kerajaan itu akan menjadi keras sebagian dan rapuh sebagian.
43 Seperti tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: mereka akan bercampur oleh perkawinan, tetapi tidak akan merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat.
44 Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,
45 tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai.”
46 Lalu sujudlah raja Nebukadnezar serta menyembah Daniel; juga dititahkannya mempersembahkan korban dan bau-bauan kepadanya.
47 Berkatalah raja kepada Daniel: “Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu.”
48 Lalu raja memuliakan Daniel: dianugerahinyalah dengan banyak pemberian yang besar, dan dibuatnya dia menjadi penguasa atas seluruh wilayah Babel dan menjadi kepala semua orang bijaksana di Babel.
49 Atas permintaan Daniel, raja menyerahkan pemerintahan wilayah Babel itu kepada Sadrakh, Mesakh dan Abednego, sedang Daniel sendiri tinggal di istana raja.

Keterangan :

Kerajaan didalam mimpi Raja Nebukadnezar : Babilon (605-538 BC), Media-Persia (538-331 BC), Yunani / Grika (331-168 BC), Romawi (168 BC-476 AD), dan Romawi baru atau Vatikan (476 AD – Kedatangan kembali Tuhan Yesus). Kerajaan Romawi dilambangkan dengan besi karena sifatnya yang ganas dan meluluhlantakkan banyak negara. Kemudian dari Kerajaan Romawi ini muncul kekuatan baru yang bernama Vatikan (‘City State’ – suatu negara didalam negara).

Permasalahan bagi para peneliti akhir zaman adalah menentukan siapa yang disebut: Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: “Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.” – (Wahyu 17:5) = And upon her forehead was a name written, MYSTERY, BABYLON THE GREAT, THE MOTHER OF HARLOTS AND ABOMINATIONS OF THE EARTH.

Disini dituliskan dengan kata mistery atau rahasia. Cara menyelidiki hal ini adalah dengan menentukan kapan pewahyuan ini diberikan, ya di jaman kerajaan kafir romawi. Semua orang tahu bahwa Kerajaan Romawi itu kafir, dikarenakan ajaran dari jaman-jaman sebelumnya tetap dipakai dan terbukti dengan banyaknya patung dan praktek penyembahan terhadap patung-patung tersebut.

Ringkasan: Vatican artinya kota nubuatan. Banyak petunjuknya, antara lain:

Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk, – (Wahyu 17:9) —–>>> Vatikan berdiri di atas 7 gunung.

Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi.” (Wahyu 17:18)

.
Pada bagian ini, kita akan mempelajari tentang Daniel 2 tentang mimpi Nebukadnezar. Mari kita mulai dengan hal ini:

  • Kepala dari emas, langsung menunjuk kepada Babilon yang memerintah tahun 605-538 BC (Dan 2:38).
  • Dada dan Lengan dari Perak hanya sedikit informasi yaitu ”kurang besar” itulah Media-Persia yang memerintah tahun 538-331 BC (Dan 2:39).
  • Perut dari Tembaga hanya sedikit informasi juga yaitu ”berkuasa atas seluruh bumi” itulah kerajaan Grika atau Yunani yang memerintah tahun 331-168 BC (Dan 2:39).
  • Paha dari Besi cukup banyak informasi yaitu ”yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya” itulah kerajaan Roma yang keras seperti besi sampai merekalah yang menyalibkan Yesus dengan sangat kejam, dan Roma memerintah tahun 168 BC-476 AD (Dan 2:40)
  • Kaki dan Jari-jari Kaki dari Besi Bercampur tanah liat, cukup banyak informasi pada bagian ini, kita bisa baca itu pada Dan 2:41-43. Suatu lambang kekuasaan sejak terpecahnya kekuasaan Roma tahun 476 AD sampai Tuhan datang.

Apa artinya ini? Jika kita menerangkan sesuatu yang penting, maka akan banyak informasi dan penjelasan yang akan kita berikan. Inilah kenyataan yang ada di Daniel pasal 2. Allah ingin memberikan suatu pernyataan yang sangat penting sehubungan dengan jari-jari kaki ini. Daniel 2 berbicara tentang kerajaan-kerajaan yang akan muncul di bumi. Mengapa? Dan 2:39-40 menyatakannya itu adalah lambang kerajaan-kerajaan yang akan muncul.

Urutan logam dalam patung ini sesuai dengan jenis logam yang sering digunakan pada masa itu. Di zaman Babilon, raja Nebukadnezar mendirikan patung (Dan. 3:1) yang lebar 6 hasta (x 45 cm = 2.7 meter) dan tingginya 60 hasta (x45 cm = 27 meter). Penyair Grika yaitu Aeschylus (456BC) menyatakan bahwa Babilon penuh dengan emas. Herodutus (424BC) mengatakan bahwa Babilon dikagumkan dengan pembangunan kaabah dengan menggunakan emas. Penggalian-penggalian barang kuno membeberkan harta kekayaan luar biasa, terdiri dari patung-patung dan perhiasan serta perabot-perabot rumah dan istana semuanya terdiri dari emas. Hal ini membuktikan kejayaan emas di zaman ini.

Bishop dari gereja Anglikan yang bernama Boutflower menyatakan bahwa nama Persia bisa berarti ”uang”, kerajaan ini lebih terkenal dengan kekayaan dibanding kemuliaan atau kekuasaan. Hal ini dibuktikan dengan kejayaan uang di zaman ini, dan semua uang terbuat dari perak. Dan. 11:2 menjelaskan hal ini.

Yosefus, seorang ahli sejarah berkebangsaan Yahudi, menyatakan bahwa raja dari Barat yaitu Yunani berpakaian dari Tembaga. Yunani dalam perjalanan menaklukkan dunia, mereka menggunakan tombak dengan mata tembaga dan perisai tembaga. Nabi Yehezkiel menggambarkan barang-barang dagangan dari Yawan adalah Tembaga dalam Yeh. 27:13, dan Yawan adalah sebuah nama yang merujuk kepada kerajaan Yunani.

Orang Roma dalam pantun mereka menyanyikan syair yang mengatakan bahwa senjata tembaga adalah milik zaman purba. Selain besi melambangkan kekerasan bangsa Roma, besi juga adalah suatu yang sangat menonjol dalam pemerintahan bangsa Roma. Gantinya tembaga, bangsa Roma menggunakan besi sebagai senjata/pedang, ketopong, perisai, pakaian perang. Selain itu, penggalian kuno juga membuktikan, banyak ditemukan kepingan-kepingan besi di kerajaan Roma. Yesus disiksa dengan besi: beling besi di hujung cambuk, paku dari besi, tombak dari besi.

Ketika Pagan Roma [paganisame kekaisaran Romawi] jatuh pada 476AD itu, dari kejatuhan itu mengakibatkan pembentukan 10 kerajaan-kerajaan terpisah. Tiga dari sepuluh kerajaan-kerajaan tersebut menolak suatu ide [gagasan] dari “universal / iman Katolik” yang baik secara agama maupun politik dapat mengontrol rakyat setelah kekaisaran Roma runtuh. Mereka [ketiga kerajaan itu] dimusnahkan karena mereka memprotes [tidak menyetujui] suatu entitas jahat seperti itu. 1. Bangsa Heruli dimusnahkan di 493AD. 2. Vandals dimusnahkan tahun 534AD. 3. Ostrogoth dimusnahkan tahun 538AD adalah tiga raja terakhir yang ditundukkan seperti yang dinubuatkan oleh kitab Daniel. Dengan jatuhnya Ostrogoth pada tahun 538AD entitas politik saat ini disebut sebagai “institusi Katolik Roma,” maka secara resmi pemerintahan ini merupakan bagian terakhir [keempat] dari binatang keempat yang disebutkan dalam nubuat Daniel.

10 tanduk yang muncul setelah kejatuhan kerajaan pagan Romawi :

  1. The Alamannis which is now called Germany [Jerman]
  2. The Visigoths which is now called Spain [Spayol]
  3. The Franks which is now called France [Perancis]
  4. The Sueves which is now called Portugal [Portugal]
  5. The Burgundians which is now called Switzerland [Swiss]
  6. The Anglo Saxons which is now called England [Inggris]
  7. The Lombards which is now called Italy [Italia]
  8. The Ostrogoths [Musnah]
  9. The Vandal [Musnah]
  10. The Herulis [Musnah]

Sejarah mengungkapkan :

Mayoritas raja-raja Eropa Barat beragama Katolik dan mendukung “sistem organisasi” Kepausan (Papacy) dalam pertumbuhan dan wewenangnya. Namun tiga kerajaan Arian [Heruli, Vandals, dan Ostrogoths] tidak mendukung Kepausan. Jadi para raja Katolik itu memutuskan mereka harus dikalahkan dan dimusnahkan. The emperors of Western Europe were largely Catholic and supported the papacy in its growth and authority. Three Arian kingdoms, however, did not support the papacy, the Vandals, Heruli, and Ostrogoths. So the Catholic emperors decided they must be subdued or destroyed. Here is how Dr. Mervyn Maxwell, a theologian and historian, described the results in volume 1, page 129, of his book God Cares:

Pada bulan maret tahun 533 Kaisar Katolik Justinian memplokamirkan Paus menjadi “Kepala semua Gereja,” — “Kepala dari semua Bishop, dan tukang koreksi yang sebenarnya dari para bidat” — In March of 533 Justinian proclaimed the Pope to be the “Head of All Churches”, the “Head of all bishops, and the true and effective CORRECTOR of HERETICS” .(Code of Justinian, lib.1 tit. 1; as given by R.F. Littledale in the Peterine Claims, Pg. 293. – also see George Croly, The Apocalypse of St. John, pg. 170).

“Tiga bagian [bangsa] yang dicabut adalah bangsa Heruli pada tahun 493, bangsa Vandals pada tahun  534 dan bangsa Ostrogoth pada tahun 538. Justinian, kaisar katholik, yang berkuasa di Konstantinopel, bekerjasama dengan Jendral Belisarius, adalah kekuatan yang menghancurkan 3 kerajaan yang dilambangkan oleh tiga tanduk, dan alasan untuk menggulingkan mereka adalah kepatuhan mereka dalam hal Arianisme bertentangan dengan iman Katolik ortodoks.” – the book of Daniel, page 109

“Vigilius…ascended the papal chair (538 A.D.) under the military protection of Belisarius.” History of the Christian Church, Vol. 3, p. 327. — “Vigilius … naik kursi kepausan (538AD) dibawah perlindungan militer Belisarius.”

Catholic emperors of the eastern empire found ways to help the pope by eliminating three of the Arian tribes. (These “Arian type” nations would not agree with the popes plans) The Catholic emperor Zeno (474-491) arranged a treaty with the Ostrogoths in 487 which resulted in the eradication of the kingdom of the Arian Heruls in 492. And the catholic emperor Justinian (527-565) exterminated the Arian Vandals in 534 and signifcally broke the power of the Arian Ostrogoths in 538. Thus were Daniels three horns – The Heruls, the Vandals, and the Ostrogoths – “plucked up by the roots.” -C. Mervyn Maxwell, God Cares Vol. 1, p. 129. Kaisar-kaisar Katolik di bagian timur menemukan cara untuk menolong Paus dengan menghabisi 3 suku bangsa Arian. (Ketiga suku bangsa Aria ini tidak menyetujui rencana Paus). Kaisar Katolik Zeno (474-491) mengatur suatu perjanjian dengan Ostrogoths tahun 487 yang menghasilkan pembasmian kerajaan Heruls tahun 492. Dan Kaisar Katolik Justinian (527-565) menghabisi kerajaan Vandals tahun 534 maka secara significan menghancurkan kekuatan Ostrogoths tahun 538. Didalam penglihatan Daniel mengenai tiga tanduk, yaitu Heruls, Vandals dan Ostrogoths – “Tercabut dari akar-akar-nya.”

Tuhan menunjukkan kepada Daniel bertahun-tahun sebelumnya setelah kejatuhan kekaisaran pagan Romawi, atau kerajaan keempat didalam mimpi Daniel, akan muncul suatu kekuatan yang berusaha menjadi kerajaan dunia dengan tujuan-tujuan jahat. Daniel melihat bahwa ketika pagan Romawi jatuh akan terpecah menjadi 10 kerajaan-kerajaan terpisah. Daniel juga melihat bahwa ketiga kerajaan yang merupakan bagian dari 10 kerajaan terpisah tersebut, tidak turut mengambil bagian menjalankan rencana baru untuk berusaha mendapatkan kekusaan menjadi kerajaan dunia ini. Kerajaan dunia macam apa yang begitu jahatnya sehingga ketiga kerajaan yang tercabut itu tidak mau bergabung dan dihancurkan ? Seperti yang diperlihatkan Tuhan kepada Daniel, semua ini terjadi tepat waktu. Sejarah mencatat secara sempurna setiap langkah yang dilakukan oleh Roma.

Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong. (Daniel 7:8) — Ini yang dinamakan tanduk kecil [Suara Kepausan yang menantang Tuhan]. Akan tetapi biarpun kecil tapi menguasai dunia.

Dari jaman dulu sampai saat ini naga menyerang iman Kristen, dan pada masa Kekaisaran Pagan Romawi telah memilih untuk tidak menyukai keKristenan. Ini bukan sesuatu yang bersifat rahasia yang diperlukan untuk meyakinkan banyak orang, ini adalah fakta yang terbuka mengenai catatan bersejarah. Fakta adalah, Injil menggambarkan definisi identitas sebenarnya dari naga itu sampai saat ini.

Kenyataan bahwa naga itu memberi kekuasaan kepada antikristus (Romawi) :

  • Pemerintah romawi yang mencari dan membunuh bayi laki-laki di jaman Yesus.
  • Gubernur Romawi yang mengutuk Yesus
  • Prajurit Romawi yang mencambuk Yesus.
  • Sekelompok prajurit romawi yang memukul dan mengejek Yesus.
  • Pelaksana penyaliban adalah orang romawi.
  • Tentara resmi romawi yang menyegel makan Yesus.
  • Tentara khusus romawi yang menjaga makam Yesus.
  • Gubernur romawi yang menempatkan semua pengikut Yesus dalam pengasingan.
  • Koloseum romawi adalah tempat orang kristen dimakan singa.
  • dan lain-lain

Paganisme Romawi merupakan pusat kekafiran dan menjelma menjadi Vatican. Kekaisaran Romawi merupakan calon kuat sebagai setan yang memberi kedudukan dan kekuasaan kepada Vatican [sang masterpiece].

Penjelmaan struktur kekaisaran Romawi yang menjadi Vatican. Hirarki dari Kekaisaran Romawi sekarang disebut Gereja Roma.

Kota Vatikan adalah negara yang terletak didalam sebuah kota yang bernama Roma, Italia. Negara kota ini diatur oleh Uskup Roma (disebut Paus) yang sebenarnya juga merupakan seorang pemuka agama Katolik. Kota Vatican adalah negara berdaulat terkecil di dunia.

Kaisar Konstantin (Caesar Constantine) memulai “pengambilalihan perusahaan” dengan mengganti semua nama struktur pemerintahan Romawi kuno. Proses perubahan nama-nama ini masih terjadi. Perubahan nama itu memungkinkan seseorang untuk menyembunyikan jejak asal mereka.

Roman Empire offices & their modern names:

Pergantian pemerintahan dari Kerajaan Kafir Romawi ke Vatican
Roman Empire (Imperium Romanum) Roman Catholic Church
Curia (legal body of Senators) Curia (legal body of Cardinals)
Roman Emperor Roman Pope (head of all church and state affairs)
Civil government matters of state Extra-Ordinary affairs (matters of civil-state governments)
Religious orders matters Church “ecclesiastical” matters
Roman College of Senators College of Cardinals
Magistrate of College of Senators Dean of College of Cardinals
Departments of the Roman Senatorial Curia Congregations
Political Ambassador Pro-Nuncio (highest civil ambassador sent to other governments, ie Washington DC, London etc)

If a government has not signed a treaty with Rome which makes the Romans the head of the foreign country as certified in the Roman Code of Canon Law. This rebel nation which has no official ties has an ambassador called an Apostolic Delegate. The United States and the United Kingdom never allowed the Vatican to serve as their legal head until President Reagan quickly signed into law on January 10, 1984. This Treaty for the very first time in U.S. history recognized full diplomatic relations between the United States and the Vatican State.

Jika pemerintah belum menandatangani perjanjian dengan Roma yang membuat orang-orang Romawi kepala negara asing seperti sertifikasi dalam Kode Romawi Hukum Canon. pemberontak bangsa ini yang tidak memiliki hubungan resmi memiliki seorang duta besar disebut Apostolic Delegate. Amerika Serikat dan Inggris tidak pernah mengizinkan Vatikan untuk melayani sebagai kepala hukum mereka sampai Presiden Reagan menandatangani menjadi undang-undang pada tanggal 10 Januari 1984. Perjanjian ini untuk pertama kalinya dalam sejarah AS diakui hubungan diplomatik penuh antara Amerika Serikat dan negara Vatikan.

In 1534 when the United Kingdom realized that the Treaty with the Vatican City-Statemade them subject to all the Popes rules they voided the treaty. Formal plomatic relations between England and Vatican State were broken. Full diplomatic relations with the Pope’s Vatican State were never restored for 448 years until 1982.

Pada tahun 1534 ketika Inggris menyadari bahwa Perjanjian dengan Vatican City-Statemade membuat mereka tunduk pada semua aturan Paus dan mereka melanggar perjanjian itu. hubungan plomatic formal antara Inggris dan Vatikan Negara yang rusak. hubungan diplomatik penuh dengan Paus Vatikan Negara tidak pernah dikembalikan untuk 448 tahun sampai tahun 1982.

Roman Senators Cardinals
Roman Governors Archbishops
Roman Senator with no territory Bishop (Code of Canon Law 376)
(Large) Roman Province Archdiocese
(Small) Roman Territory Diocese
Imperial Chair of Jupiter where Caesar sat Throne of St. Peter
Vestal Virgins Nuns
Pontifex Maximus (high priest of College of Senators) Supreme Pontiff of College of Cardinals
Pontiff or “high priest ” of a pagan religious order (Zues, Apollo, Diana, Mars, Jupiter, Baal, Dionysys, Pythia etc) Pontiff (Tetap) – A Pontiff (Latin: “pontifex”) berarti pembangun jembatan atau imam antara manusia dan dewa-dewa dunia bawah.
The Roman Calendar and Holy Days of the gods Calendar Holidays of the Saints
Voice of the gods speaking through Caesar (Ex-Cathedra) Voice of God speaking through Pope
Meeting of the Pontiffs (high priests) of the pagan religious orders Ecumenical Council of the Bishops
Legal act of creating a god (of a living or dead human, as was done to most of the Caesars) “Apotheosis of the Gods” Canonization of the Saints
A decree of Caesar (dictator for life) Pope’s infallible Dogma
Praying to a dead human god Praying to a saint

In the US the highest law of the land is the Constitution and the Bill of Rights in the Vatican State the Constitution is called the Code of Canon Law

Sumber : Link

Logo Freemason dengan huruf G (dan variannya) yang banyak orang mengatakan G itu berasal dari kata Gnostik. Pengertian gnostik ini berarti suatu pengetahuan yang berasal dari kisah adam dan hawa. Dimana ular memberikan pengetahuan gnostik kepada hawa.

Ini adalah logo Freemason – Illuminati (dan variannya). Ringkasnya : tidak semua orang freemason adalah orang illuminati akan tetapi semua orang illuminati juga orang freemason. Disini artinya bahwa illuminati mengambil alih / menguasai organisasi freemason.

Penganut gnostik biasanya tahu bahwa patung Simon Peter di roma adalah dewa Jupiter. Mari kita lihat pendapat orang gnostik yang ada hubungannya dengan patung Jupiter di vatican.


Apa itu Bintang Fajar (Bintang Kejora atau Bintang Pagi)?

Venus bukanlah satu-satunya bintang pagi di galaksi kita. Tidak banyak orang yang mengetahui fakta bahwa planet Jupiter (bahasa Latin : Iuppiter, Iūpiter) juga disebut bintang pagi, dan inilah bintang pagi yang dibicarakan di dalam Alkitab. Oleh karena itu, Venus bukan mitos, tapi benar adalah bintang pagi, dan ketika Alkitab mengatakan bahwa ada bintang besar yang jatuh dari surga, mereka hanya mengacu pada Jupiter yang juga dikenal sebagai Jove, penguasa tertinggi Allah ditempat tinggi, yang mana Orang Yunani kuno memanggil-nya Φαέθων , Phaethon, “nyala api.”

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Ini disebut anak matahari, dan telah dikenal sejak zaman purba oleh para astrolog. Jupiter diperkirakan benda paling terang ketiga di langit malam setelah Bulan dan Venus . Jupiter adalah planet kelima dari Matahari dan planet terbesar di Tata Surya. Jupiter terlihat dengan mata telanjang di langit malam, dan kadang-kadang dapat terlihat di siang hari saat matahari rendah.

Ahli astrologi kuno selalu menghubungkan Jupiter dengan kelahiran raja dan Venus dengan kesuburan. Inilah sebabnya mengapa Jupiter disebut dalam mitologi kuno, Raja planet, Bapa Langit, Bapa para Dewa, dan Penguasa Langit. Fakta ini sangat penting dalam memahami bahwa planet Jupiter, selama ribuan tahun, selalu dikaitkan dengan kelahiran raja-raja, dan ini adalah bintang di kitab suci orang Majus dan Bintang Betlehem.

Dalam teks Sumeria, Jupiter disebut mulu babber – “bintang terang seperti matahari” dan juga disebut Nibiru (Neberu) yang berarti “kapal feri atau untuk menyeberang .” Jupiter yang membawa anak adalah subjek umum para seniman itu. Orang-orang Het, orang Etruria.

TUHAN SURGA

Lidzbarski mencatat bahwa penguasa surga disebutkan dalam perjanjian antara Ramses II dan Hetasira, kepala suku Het. Oleh karena itu, sebuah gelar yang sangat kuno diketahui orang-orang Het, dan daripadanya terdapat sedikit jejak kecenderungan monoteistik di antara orang-orang Fenisia dan Aram; sejauh ada dan dalam keyakinan yang dimiliki sedikit orang, sama seperti di kalangan orang Babilonia dan Asyur.

Jupiter adalah Bintang Pagi – Aka Yesus dan Lucifer

Jupiter bukan hanya planet Raja dan Tuhan Surga yang diatas (AS ABOVE), ini juga bintang pagi, bintang yang berkobar, dan Bintang Betlehem dari Alkitab. Kecerahan bintang pagi ini dapat dilihat paling baik pada bulan Desember dan Januari, saat kita merayakan kelahiran Yesus Kristus, yang ada di Alkitab King James, Baik Yesus dan Lucifer disebut bintang pagi. Misalnya, kita melihat Yesus menyebut dirinya “bintang pagi yang terang” dalam Wahyu 22:16, “I Jesus have sent mine angel to testify unto you these things in the churches. I am the root and the offspring of David, and the bright and morning star. – Revelation 22:16, “dan ini juga diterapkan pada Lucifer, di mana kita melihat istilah tersebut muncul dalam konteks nubuat melawan raja Babel yang mati, yang dialamatkan sebagai הילל בן שחר ( hêlêl ben šāḥar ), diterjemahkan oleh King James Version sebagai berikut “O Lucifer, anak pagi hari!” Dan oleh yang lain sebagai “bintang pagi, anak fajar “.

Jupiter Adalah Tuhan Orang Mesir OSIRIS dan Tuhan Orang Babilon Marduk

Kita juga akan menemukan bahwa Jupiter juga dilambangkan dalam mitologi Mesir sebagai Osiris yang adalah dewa air dan surga, dan juga setelah penaklukan Romawi di Mesir oleh Kaisar Augustus dimana Osiris telah berubah menjadi Tuhan Jupiter Ammon. Osiris adalah penerus Mesir ke Tuhan orang Babel Marduk (Merodach, Amar-uduk, dan Marudulc) yang karakter aslinya juga terhubung dengan air, vegetasi, penghakiman, dan sihir . Seperti yang saya nyatakan di artikel saya sebelumnya, Apa itu Nibiru ?, Marduk hanyalah nama kode untuk planet Jupiter dan juga disebut Nibiru (Neberu) oleh orang Sumeria, yang berarti “kapal feri atau untuk menyeberang”. Di Babylon-Asiria, bintang Babel dirinci dalam prasasti sebagai bintang Marduk, atau Jupiter. Seperti yang dilakukan planet Jupiter setiap tahun, ia “melintasi” titik balik matahari musim dingin seperti ‘kapal penyeberangan/feri’, di mana Dewa Osiris dan Marduk telah meninggal, hanya untuk dibangkitkan, mewakili kontinuitas dan stabilitas.

Orang-orang Yunani telah menamai Tuhan terbesar mereka, Zeus, yang juga mewakili istilah “AS ABOVE” dari planet Jupiter. Putra Zeus, (Jupiter), Prometheus adalah anak penyelamat “SO BELOW”. Dalam mitologi Yunani, ‘Prometheus (bahasa Yunani Kuno, Προμηθεύς, “pemikiran ke masa depan”) adalah Titan yang terutama dihormati karena mencuri api (pengetahuan) dari para dewa di tangkai tanaman adas dan memberikannya kepada manusia untuk digunakan. Juga, itu berasal dari adas raksasa, Ferula communis , bahwa tongkat para dewa Bacchanalian Dionysus dan para pengikutnya dikatakan telah datang.

Dalam Metamorfosis Ovid, Jupiter mengatakan kepada Prometheus untuk membuat ras orang baru “dengan gambaran seperti dewa (in godlike image)” dari tanah liat dan kemudian memanggil angin untuk menghirup kehidupan ke dalamnya. Bapa umat manusia di Langit, Zeus (Jupiter) telah menolak ras penciptaan manusia yang baru ini yang berasal dari api rahasia, dan anaknya Prometheus merasa kasihan pada ciptaannya, mencuri api dari Olympus dan membawanya ke manusia.

Seperti apa yang telah terjadi pada Yesus Kristus, Prometheus disalibkan karena telah mengajarkan pengetahuan rahasia yang hanya diketahui oleh para Dewa. Dia disalibkan oleh ayahnya, Jupiter (Zeus) yang memakukannya dengan kayu tegak, kayu tambahan bagian lengan ditempelkan, dan salib ini terletak di dekat Selat Caspian. Pada akhirnya, Prometheus mencari penghapusan kutukan dari bapaknya Zeus, karena dia adalah simbol (Seal of Solomon atau Star of David) untuk perlawanan pasif, pengampunan, dan cinta.

Hari ini dalam okultisme dan dalam masyarakat rahasia seperti Freemasonry , Prometheus akan mirip dengan Lucifer atau anak Kain, Tubal Cain. Artinya kita bisa temukan dalam ejaan bahasa Ibrani tentang Adon (kata majemuk – Adonai) yang berarti “Tuhan, Tuhan, Tuhan, tuan, atau pemilik, dan inilah sebabnya di pondok-pondok masonik selalu ada Grand Adonai; AKA Grand Master memimpin kegiatan pondok (Loji / Lodge). Oleh karena itu, inilah sebabnya mengapa dapat ditemukan bintang yang berkobar di setiap pondok masonik karena itu mewakili Lord of Heaven dan King of the Gods. Nama-nama ini akan Anda temukan dengan ejaan seperti : Adonis, Adonai, Adoni, God, Od, Gott, Goth, Gothin, Wodan, Woden, Odin, (Gododin), Edin, Eden, Edon, Ed, Weden, Wedne, Aden, Adon, Aton atau Aten, Gaden, Dan, Titan, Danaus, Dianus ^ Ianus, Adonis, Poseidon, Cot, Cotta, Khoda, Chudai. Gaid (Gaid-El), Gad, Ad, Adad, Cuth, Cush, Gath, Ath, Aith, Guth, Gud, Gude, Gudan, Guodan, Othin , Oth, Ouvin, On, Oud, Weda, Gautama, Pagoda, Bod , Tunas. Buth, Budh, Budha, Budhu, Boodh, Bhood, Buddin, Boutta, Poota, Poth, Pot, Fo, Foo, Fohi.

Orang Cina, Korea dan Jepang menyebut planet ini sebagai bintang kayu, bahasa China : 木星; Pinyin : mùxīng, berdasarkan Lima Elemen China. Taoisme China mempersonifikasikannya sebagai bintang Fu . “Dalam Astrologi Veda, astrolog Hindu menamai planet ini setelah Brihaspati , guru agama para dewa, dan sering menyebutnya” Guru”, yang secara harfiah berarti” Heavy One.”Dalam bahasa Inggris , Kamis berasal dari” hari Thor ” , yang mana Thor berhubungan dengan planet Jupiter dalam mitologi Jerman.

Orang Romawi telah menunjuk Jupiter yēu-pəter (Pater / Father atau nominative: * Dyēus -pətēr, yang berarti “O Father Sky-God”, atau “O Father Day-God”) dan dia adalah penguasa dunia yang lebih rendah, AKA Bumi. Oleh karena itu, di sinilah kita mendapatkan nama Santo Petrus dalam Katolik Roma, dan Paus yang adalah Uskup tertinggi duduk di kursi Petrus (Ju-Piter), yang Tuhan kita telah sampaikan kepadanya kunci surga, dalam sebuah festival besar, yang diadakan di St. Petrus di Roma karena mereka menunggu kedatangan tuhan mereka.

Seperti Prometheus dan Yesus, marilah kita tidak lupa bahwa Bapa Planet, Putra Matahari, dan Tuhan, Santo Petrus atau Jupiter disalibkan di kayu salib, namun disalibkan terbalik dan Prometheus berusaha untuk menghilangkan kutukan dari Bapa Zeus-nya karena dia adalah simbol (Seal of Solomon atau Star of David) untuk perlawanan pasif, pengampunan, dan cinta.

Dalam Daniel 2:47 – ” (47) Berkatalah raja kepada Daniel: “Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu.”

Sumber: gnostic warrior

Catatan KSB:

  • Nama asli ‘Yesus’ dalam Ibrani adalah : Yeshua / Joshua dan Yeshua bukanlah Lucifer.
  • Patung “Petrus” yang kakinya dicium sampai terkikis abis bukanlah Simon Petrus tapi dewa Jupiter atau yēu-pəter, sang penguasa bumi, lihatlah ‘Sun Hallo’, lingkaran diatas patung itu, itu simbol dewa matahari (dalam perkembangannya Lucifer disebut juga dewa matahari) sang pembawa terang / obor atau Light Bearer. Simon Petrus meninggal dibunuh oleh penguasa Romawi dan dari Kekaisaran (kafir) Romawi itu muncul Vatikan dengan mengganti nama-nama pejabat pemerintahan. Vatikan mengklaim bahwa Simon Petrus adalah Paus Pertama.
  • Yeshua (Ibrani) bukanlah Prometheus, meskipun keyakinan Yunani mengatakan Prometheus juga disalib.
  • Seal of Solomon (pentagram) bukanlah Star of David / Bintang Daud. Raja Daud tidak ada hubungannya dengan Pentagram atau Seal Of Solomon / Segel raja Salomo.
  • Bapa di sorga bukanlah Bapa umat manusia di Langit atau Zeus (Jupiter).

.

Yesus di dalam Alkitab, seringkali di gambarkan sebagai Batu.

[1] Matius 16:18 ”Yesus digambarkan sebagai batu karang (dari bahasa Yunani Petra yang berarti Batu besar atau batu karang) sebagai landasan berdirinya gereja, bukan Petrus (dari bahasa Yunani Petros yang berarti batu yang berguling atau batu kerikil).

[2] 1Kor. 10:4 Batu karang berasal dari kata yunani ”Petra” yang berarti batu yang besar, yang menunjuk kepada Yesus.

[3] Matius 21:42 dan Kisah 4:11 menyatakan Yesus adalah ”Batu Penjuru”

Pada bagian kaki, kita melihat dua unsur yaitu ”besi” dan ”tanah liat tukang periuk”. Besi melambangkan suatu pemerintahan kerajaan. Itulah informasi yang terdapat dalam Dan 2:40.

Bagaimana dengan ”tanah liat tukang periuk”? Dalam Alkitab bahasa Inggris, disebutkan ”potter’s clay”. Apa artinya ini? Potter adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyatakan Tuhan Pencipta. Dan clay adalah suatu istilah yang digunakan untuk ciptaan Tuhan, khususnya manusia, karena manusia diciptakan dari debu tanah. Jadi, clay di sini berarti milik dari potter. Hal ini berarti, clay adalah ciptaan yang menjadi milik Pencipta, bahasa yang sederhana untuk mengartikan potter’s clay adalah God’s people atau umat Allah. Tanah liat ini adalah suatu gambaran tentang umat Allah. Inilah informasi yang terdapat dalam Yesaya 64:8. Tapi, ada suatu hal yang terjadi. Di bagian akhir dari ayat 41, tidak disebut lagi ”potter’s clay”, tapi disebutkan ”miry clay” yang berarti ”tanah yang sudah berlumpur, atau tanah yang kotor”, bisa kita lihat juga dalam Mazmur 40:3 tentang miry clay. Kenapa dia bisa berubah? Inilah jawabannya, itu adalah suatu gambaran tentang gereja atau jemaat yang adalah milik Allah, kini telah tercemar atau suatu gambaran tentang gereja yang tercemar dengan ajaran-ajaran yang tentunya tidak berlandaskan Alkitab tetapi tradisi manusia.

Kesimpulan untuk besi dan tanah liat adalah, kerajaan sesudah kerajaan Roma, adalah suatu penggabungan antara kekuasaan Negara dan Gereja yang sudah tercemar dengan ajaran-ajaran yang tidak berlandaskan firman Allah. Dulunya besi murni atau kerajaan Roma murni, hanya bergerak dalam bidang politik, tapi kini dia berubah menjadi besi dan tanah liat suatu gambaran persatuan antara politik kerajaan Roma dengan Agama yang berjalan diwaktu yang bersamaan.


Lihat Wahyu 13 : Dua binatang didalam Kitab Wahyu menjadi teman. Dimana binatang pertama adalah kekuatan Vatican (Eropa) dan binatang kedua adalah Amerika.

Two Beasts Become Friends / Total Onslaught – Walter Veith.

hak foto nydailynews : (PEMILU Presiden AS 2008). Edward Cardinal Egan is flanked by presidential candidates John McCain and Barack Obama at Thursday night’s Alfred Smith dinner. (THEODORAKIS/NEWS).

hak foto nytime : (PEMILU Presiden AS 2012). President Obama, Cardinal Timothy Dolan and Mitt Romney at the 67th Alfred E. Smith Memorial Foundation dinner at the Waldorf Astoria hotel in New York.

hak foto american magazine : PEMILU Presiden AS 2016. Republican presidential candidate Donald Trump, right, laughs at a joke with Cardinal Timothy Dolan, center, and Democratic presidential candidate Hillary Clinton during the Alfred E. Smith Memorial Foundation dinner, Thursday, Oct. 20, 2016, in New York. (CNS photo)

—– Dahulu jaman Kekaisaran Romawi tidak ada istilah Cardinal tapi ‘Roman Senators’ atau Senator.

Dua binatang didalam kitab wahyu 13 yang sudah menjadi teman. Amerika bukan suatu negara, tapi suatu korporsi (perusahaan) besar yang dikendalikan oleh Vatikan. World Last Chance.

The Berean Call

A Woman Rides the Beast – official version from The Berean Call

Kesimpulan:

Babel pertama adalah Vatican dan babel kedua (anak dari babel pertama) adalah Amerika Serikat. Keduanya disebut sebagai “THE TWO BABYLON”. Bersama-sama dengan negara Inggris mereka membuat poros setan yang dinamakan “EMPIRE OF THE CITY” = Vatican (Keagamaan) – London (Ekonomi) – Washington (Militer). Pengamat sering menyebut mereka sebagai “THE TRINITY OF GLOBALIS CONTROL.” Dunia ‘berada ditangan’ mereka dengan membentuk banyak badan dunia, dari yang [1] tersembunyi / Secret [2] Semi Secret dan [3] Open Organisation.


Lanjut ke Daniel 2:

Pada ayat 43, disebutkan ”mereka akan bercampur oleh perkawinan”. Ada yang menyatakan ini adalah gambaran persatuan kerajaan-kerajaan yang akan disatukan dengan perkawinan. Namun, mari kita lihat lebih jauh lagi apa yang dimaksud dengan kata ”mereka”. Pada ayat ini, kita bisa melihat dengan jelas bahwa kata ”mereka” tidak menunjuk kepada 10 jari-jari kaki tapi menunjuk kepada besi dan tanah liat. Ini adalah suatu gambaran usaha persatuan antara gereja dan negara yang belum berhasil secara total sampai saat ini.

Kata ”bersatu” pada ayat 43 adalah kata yang sama yang disebutkan dalam Kej. 2:24. Dalam Dan 2:43, disebutkan persatuan ini oleh ”benih” yang diterjemahkan dalam Alkitab bahasa Indonesia sebagai ”perkawinan” dalam arti ”persetubuhan”. Kata ”benih” dalam bahasa aslinya berarti ”sperma” dari laki-laki, dan hal inilah yang diistilahkan dalam Kej. 2:24 sebagai ”satu daging”, hal ini berhubungan erat dengan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan. Jadi, yang disebutkan bercampur oleh benih adalah perkawinan atau persetubuhan antara besi dan tanah liat. Kata apa yang tepat untuk hal ini? Ini adalah suatu gambaran tentang ”perzinahan”. Mengapa? Mereka bersetubuh tapi tidak bersatu.

Mari kita lihat ide yang sedang disampaikan dalam ayat ini: awalnya, clay ini adalah milik dari potter. Namun, dia menjadi miry clay atau lumpur atau tanah yang sudah kotor. Setelah itu, dia akan bersetubuh dengan besi. Potter’s clay adalah lambang jemaat Allah yang harusnya dilambangkan akan dikawinkan dengan Yesus sebagai mempelai pria. Namun, kini dia menjadi miry clay dan berzinah dengan besi. Bagaimana ini sejajar dengan nubuatan dalam Wahyu 17:2 tentang wanita yang telah berbuat cabul dengan raja-raja di bumi?

Usaha untuk mempersatukan kedua kekuasaan ini akan terus berlanjut sampai akhirnya. Mari kita coba melihat bagaimana Yesus bisa disalibkan. Pada waktu Yesus disalibkan, paling tidak ada tiga unsur pendukung, yaitu Yudas, Pemimpin Yahudi, dan orang Roma. Orang Yahudi, tidak dapat menyalibkan Yesus, untuk itu, mereka harus bersatu dengan kekuatan politik kerajaan Roma untuk dapat menyalibkan Yesus, barulah Yesus dapat disalibkan. Pada saat persatuan politik dan agama terjadi, itulah the great controversy yang sesungguhnya. Umat-umat Allah akan dianiaya oleh dua kuasa yang telah bersetubuh ini.

Daniel 2 adalah sebuah lambang nubuatan tentang kerajaan Babilon sampai Kedatangan Yesus yang ketiga. Mengapa? Karena batu yang disebutkan dalam bagian ini kemudian menjadi gunung besar yang memenuhi “seluruh bumi” (Dan 2:35). Ini adalah peristiwa kedatangan Tuhan yang ketiga kali dimana bumi ini akan dibersihkan.

Sebelum dilanjutkan dengan pelajaran selanjutnya, mari kita tanyakan beberapa pertanyaan berikut ini: Kenapa kerajaan-kerajaan ini digabungkan dalam 1 patung? Kenapa tidak ada beberapa patung yang saling berkelahi dan satu mengalahkan yang lain? Bagaimana dengan nama patung ini? Apakah ini kita akan sebutkan patung emas perak tembaga besi tanah liat? Sepertinya terlalu pajang untuk nama ini.

Pada saat Media-Persia mengalahkan Babilon, Babilon diambil alih oleh Media-Persia secara politik, namun pendidikan Babilon, ilmu pengetahuan, bahasa, ilah-ilah Babilon, tradisi Babilon, terus berlanjut pada zaman Media-Persia, demikian selanjutnya. Saat Media-Persia dikalahkan oleh kerajaan Yunani, dia masih mengadopsi tradisi-tradisi dari kerajaan-kerajaan sebelumnya. Itu sebabnya, sebenarnya, patung ini adalah patung kerajaan Babilon. Alasan yang selanjutnya adalah, kepala adalah pusat manusia berpikir. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Kalau kita berpikir jahat, itulah yang akan keluar. Babilon adalah kepala dari patung ini. Dengan demikian, konsep pemikiran Babilon akan terus berlanjut di seluruh patung ini.

Patung ini dibangun dari atas ke bawah. Dari emas ke tanah liat. Bukan sebaliknya. Setanlah pembangun dari patung ini atau Setanlah yang membentuk sistim pemerintahan yang digambarkan melalui patung ini (suatu sistim pemerintahan dari atas ke bawah). Pada saat patung di Daniel pasal 3 selesai didirikan, Nebukadnezar kemudian menyuruh orang-orang untuk menyembah patung itu. Demikian juga dengan patung ini. Pada saat sistim kerajaan-kerajaan ini lengkap menjadi satu, atau saat patung ini selesai dibangun, maka seluruh orang akan diperintahkan untuk menyembah patung ini seperti yang terjadi di Daniel pasal 3. Kalau kita lihat dari sistim pemerintahan yang diterapkan dalam patung ini, maka ini adalah Babilon.

Mari kita lihat sistim pemerintahan yang diterapkan disetiap bagian dari patung ini:

Babilon terkenal dengan idol worship. Ada dua dewa utama sembahan bangsa Babilon yaitu Marduk dan Bel. Marduk berbentuk seperti sapi yang memegang matahari dan Bel adalah dewa matahari, itu sebabnya, banyak nama orang-orang Babilon yang diawali dengan kata Bel. (Hari untuk penyembahan matahari adalah hari Minggu, gantinya hari Sabat atau Sabtu).

Media-Persia terkenal dengan undang-undang yang tidak bisa dirobah. Walaupun raja Media yaitu Darius sangat mengasihi Daniel, dia tidak dapat melepaskan Daniel dari hukuman akibat melanggar undang-undang yang telah dia buat oleh Darius sendiri. Dekrit yang sudah dikeluarkan, tidak ada toleransi bagi siapapun juga. Negara ini adalah dasar dari perundang-undangan hukum yang ada saat ini.

Grika adalah sebuah kerajaan yang terkenal dengan “human wisdom” atau yang juga sering disebut filsafat manusia. Kebijaksanaan itu didapat di dalam diri seseorang. Inilah yang dihadapi oleh rasul-rasul pada masa hidup mereka.

Roma adalah sebuah kerajaan yang terkenal dengan kekuatan militernya (Dan. 2:40). Yesus disalibkan oleh bangsa Roma. Mereka terkenal dengan kekerasan dalam hal penghukuman. Tidak segan-segan untuk membunuh bayi yang tidak berdosa. Kaisar Nero, bahkan membunuh ibu kandungnya sendiri dengan tombak di tangannya. Negara ini juga adalah sebuah negara yang terkenal dengan kuasa menganiaya umat-umat Allah. Kata ”roma” itu sendiri berarti kekuatan. Dulunya ini disebut Roma kafir, namun kini berubah menjadi Roma kepausan.

Kekuatan-kekuatan ini akan digabungkan menjadi satu bagian dalam satu patung. Hal inilah yang dinyatakan juga di dalam Wahyu 13:2 ”Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar”. (Dalam Wahyu 13:7, binatang ini ”menghujat”, kata ”hujat” berasal dari kata grika βλασφημία di baca ”blaspemia” yang juga terdapat dalam Yohanes 10:33). Binatang ini adalah binatang kombinasi dari 4 kerajaan yang muncul di Daniel pasal 7. Binatang ini adalah sebuah lambang akan kekuasaan yang akan muncul di akhir zaman dan itu adalah penggabungan suatu sistem yang ada di Daniel 7. Jadi, inilah alasan kenapa hanya satu patung saja yang terdiri dari berbagai kerajaan. Ini adalah lambang persatuan sistim yang terus dibangun dari kepala ke jari-jari kaki.

Inilah yang dipikirkan oleh Setan: saya ingin menguasai bumi ini. Saya tidak mau mereka menyembah Allah yang benar. Manusia harus punya object sembahan yang lain selain Allah. Itu adalah matahari.

Inilah sebenarnya yang terjadi di Daniel 2. Setan ingin membentuk patung kerajaannya di dunia ini dengan menggunakan sistim yang ada pada kerajaan-kerajaan di atas. Namun, sebelum dia berhasil membentuk kekuasaannya, Yesus datang, yang dilambangkan dengan batu yang terungkit lepas.

Kenapa harus batu? Orang mengatakan karena itu melambangkan Yesus sebagai batu karang. Hal ini benar, tapi, kenapa dia tidak gunakan anak domba datang dan menghancurkan patung ini? Kenapa tidak gunakan api, seperti pada waktu Allah menyatakan diri kepada Musa, kenapa tidak gunakan api yang datang untuk menghanguskan patung ini?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, coba kita pikirkan, dimana di Alkitab, batu digunakan sebagai alat penghancur? Mari kita lihat beberapa contoh.

  • Yohanes 8:5 Perempuan yang kedapatan berbuat zinah, harus dilontari dengan batu.
  • Yohanes 10:33 Orang yang menghujat Allah, akan dilempari dengan batu. Menghujat Allah berarti manusia berkata dapat mengampuni dosa. Mengapa dikatakan menghujat, karena hak untuk mengampuni dosa adalah hak Allah, bukan manusia. Karena Yesus adalah Allah maka Dia berhak mengampuni dosa. (Markus 2:27).
  • Bilangan 15:32-36 Orang yang melanggar Sabat harus dilempari dengan batu.
  • Yehezkiel 23:37-47 Orang-orang yang berzinah dan pelanggar Sabat akan dilontari dengan batu.

Mari kita coba melihat lebih dalam lagi hal-hal yang menyebabkan seorang dilempari dengan batu; perzinahan, penghujatan, dan pelanggar Sabat. Dalam Daniel 2:43, di zaman jari-jari kaki, ada pengertian perzinahan di sana. Mengapa? Karena mereka bersetubuh tapi tidak menikah, bahkan tidak bersatu. Kemudian, dalam Wahyu 13:4, suatu gambaran yang berbeda namun memiliki kronologi waktu yang sama dengan Daniel 2, di binatang yang punya tanduk kecil ini dalam Wahyu 13, ada penghujatan dari binatang ini. Dan kerajaan Babilon, ada penyembahan kepada dewa matahari pada hari Minggu gantinya hari Sabat atau Sabtu.

Semua hal inilah yang menyebabkan patung ini dilempari dengan batu. Ini adalah suatu gambaran yang Allah berikan tentang apa yang dilakukan patung ini sehingga dia layak dilempari dengan batu. Pelempar dari patung ini bukanlah manusia, dipastikan Allah sendirilah yang akan menghukum pelanggaran tersebut (Dan. 2:34).

Batu ini dilempar tepat di jari-jari kakinya. Mengapa? Mengapa tidak di kepala? Mengapa tidak dibagian tubuh yang lain? Karena sesuai dengan yang kita telah ketahui, di kakilah sistim dari patung ini menjadi lengkap yaitu apabila miry clay bersetubuh dengan besi atau suatu gambaran persatuan politik dan agama.

Sebelum kita lanjut, mari kita lihat kembali masa pemerintahan dari masing-masing kerajaan ini.

  • Bagian Tubuh Unsur Arti Periode
  • Kepala Emas Tua Babilon 605-538 BC
  • Dada dan Lengan Perak Media-Persia 538-331 BC
  • Perut dan Pinggang Tembaga Yunani atau Grika 331-168 BC
  • Paha Besi Roma 168 BC-476 AD
  • Kaki dan Jari-jari Besi dan Tanah Liat Roma yang pecah 476-Kedatangan Tuhan Yesus ke-2. Batu yang menimpa menjadi Gunung memenuhi seluruh bumi- Kerajaan 1000 tahun

Ada sesuatu yang menarik yang bisa kita lihat dari kaki dan jari-jari kaki jika kita hubungkan dengan Wahyu 13:3. Dalam Wahyu 13:3, kita melihat di zaman ini, tanduk ini terkena luka parah. Periode tanduk kecil adalah suatu periode yang sama dengan jari-jari kaki. Hal ini berarti, di masa jari-jari kaki, kekuasaan penuh dari penggabungan kuasa politik dan agama terhenti. Mengapa demikian? Inilah alasannya, sejak tahun 605 BC, Tuhan mengijinkan Setan membangun kekuasaannya di bumi ini, dan itu terus berlanjut tanpa henti. Namun, sebelum kekuasaannya selesai dibangun melalui gambaran patung dalam Daniel 2, di penghujung jari-jari, Tuhan menghentikan sementara proyek ini di tahun 1798 AD. Apa alasannya? Dia ingin menyiapkan suatu umat-Nya. Dan, setelah umat-Nya terbentuk dan dipersiapkan dengan baik, Tuhan akan mengijinkan kembali kepada Setan untuk melanjutkan proyeknya untuk menyelesaikan pembangunan patung ini, yaitu hasil akhir dari patung ini, yaitu penggabungan agama dan politik. Saat selesai, maka kuasa politik-agama akan memerangi umat yang Tuhan sudah persiapkan. Inilah the great controversy yang sebenarnya, great controversy menjelang datangnya “Kerajaan Batu” atau Kerajaan Damai 1000 tahun.

  • Kata Iblis kepada-Nya: “Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. (Lukas 4:6).
  • Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.” (Yohanes 18:36).
  • Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu. (Wahyu 13:3)
  • Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam. (Wahyu 13:18).

Link berbagi:

http://wp.me/p6mxNc-13c

Salam kasih dan persahabatan. Tetap semangat dan mengasihi sesama manusia apapun keyakinannya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s